Senin, 01 Mei 2017



Hari sudah sangat larut malam waktu itu saya terbangun dari tidur jam 24.00 tapi jam 01.30 saya tertidur kembali,  pada malam itu entah kenapa saya matikan hp, biasanya tidak pernah waktu itu saya mikir nya hemat baterai.  
Dan ternyata waktu bangun di pagi hari setelah saya menghidupkan kembali hpnya ada pesan  di wa dari adik yang no 3 pesan nya singkat “teta udah bangun, akak mau telepon, urgent”. Pesan nya dikirim pada pukul 01.47 tidak berapa lama setelah saya matikan hp. 
Saya lihat jam di Indonesia masih pukul 05.00 wib berarti adik saya masih tidur, saya menunggu sampai pukul 07.00 wib lalu hubungi dia. Adik saya ini namanya Rossy dia sekarang lagi berada di kyrgistan sudah hampir 9 bulan sejak agustus tahun 2016, dia bekerja di sebuah organisasi yang bernama AIESEC, dan waktu itu dia menjabat salah satu wakil presiden AIESEC di kyrgistan.  Waktu dia konsultasi dengan saya dan suami untuk menerima pekerjaan ini dia juga menghubungi saya jam 02.00 malam karena saya memang tidak tinggal satu kota dengan dia.
Ini foto adik saya Rossy.  Dan ini terulang lagi urgent nya dan saya selalu panik, karena beberapa sebab salah satunya karena saya anak pertama dari 4 bersaudara dan itu perempuan semua. 
Ini foto saya dan adik-adik saya, atas saya sherly dan Merri foto bawah Rossy dan Maya. Disini saya merasa tanggung jawab saya sebagai seorang kk mulai dipertanyakan, saya merasa bahwa saya harus bisa menjadi teman untuk mereka bercerita dan berbagi bahagia ataupun duka. 
Kembali ke cerita Rossy tadi dia selama ini tidak pernah meninggalkan rumah, dan ini pertama kali dia pergi dari rumah dan tempat nya tidak dekat, tapi dia sangat yakin dengan pilihan nya sehingga saya berusaha membujuk orangtua saya untuk melepas nya pergi. Anaknya sangat kekeh sama cita-cita nya dan pantang menyerah itulah yang membuat saya mendukung nya. Selama tujuh bulan di sana sudah hampir sepuluh negara yang dikunjungi nya,  dan biasanya dia dari jauh hari sudah bilang akan berangkat ke negara itu.  Tapi tidak pagi ini dia bilang bahwa saya harus berangkat besok paling lambat karena visa saya mau expired. Oke itu cukup membuat saya kaget,  dan kemudian dia bilang ada dua negara yang saya pilih Turki dan ukraina, karena hanya dua negara ini yang paling cepat urus visanya,   lalu hari itu juga dia urus semua kelengkapan mengurus visa dan pesan tiket, dari pagi saya tidak tenang sampai beres semua urusan nya, setelah malam dia hubungi saya dan bilang bahwa semua berjalan lancar, dan saya pun agak lega, besok nya dia berangkat dan transit di almaty sebelum subuh nya melanjutkan perjalanan ke keiv. 
Waktu dipesawat dia kirim pesan bahwa akan hubungi saya setelah sampai di kiev dan teman-teman nya sudah menjemput di bandara, dan cukup membuat tenang sedikit. Pukul 15.00 wib dia hubungi saya mengatakan bahwa dia sudah sampai disana dan sudah bertemu dengan kak olga dia adalah salah satu member Aiesec ukraina yang pernah exchange ke padang selama 2 bulan dan tinggal dirumah kami. Itu sudah cukup membuat saya lega. 
Begini amat rasanya jadi kk pertama ditambah saudara nya perempuan semua, saya jadi jembatan komunikasi adik dan orangtua, dan juga dengan keluarga besar lainnya, kalau kata orang minang perempuan itu yang menjaga harta warisan keluarga jadi cukup berat beban yang harus di pikul atau bisa jadi hanya perasaan saya sendiri. Cukup sekian cerita urgent dan panik nya hari ini, semoga semua berjalan lancar aamiin. 
Kiri-kanan : Merri, Rossy mama, sherly dan maya 
# lovefamily #kyrghistan #aiesec #fourgirl #petualangan #merantau 

Tentang Seseorang . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates